Asam Folat Penting untuk Ibu Hamil

Asam Folat Penting untuk Ibu Hamil, Makanan Yang Mengandung Asam Folat Sangat baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin!.

Asam Folat Penting untuk Ibu HamilAsam Folat Penting untuk Ibu Hamil, Meskipun mungkin kamu masih belum merasakan mual di pagi hari dan masih bisa menjalani aktivitas seperti biasa, namun gizi untuk calon baby sudah mulai perlu diperhatikan. Menurut Webmd.com, pastikan Moms sudah mulai mengonsumsi makanan kaya asam folat kurang lebih 0.4 mg per hari.

Asam folat penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin karena sudah terbukti mengurangi resiko bayi terkena spina bifida atau kelainan tulang belakang terbuka pada bayi. Tidak ingin ingin hal itu terjadi pada si kecil kan?, Ada baiknya makan makanan yang mengandung asam folat sudah dimulai sejak satu bulan kehamilan.

Berikut adalah salah satu makanan yang mengandung Asam Folat yang Penting untuk Ibu Hamil:

  • Bayam
    Sayuran berdaun hijau yang satu ini sangat mudah kita temukan di pasar sayuran, bayam yang terkenal kaya akan zat besi ini juga merupakan sumber asam folat yang baik. National Institutes of Health mencatat bahwa 1/2 cangkir bayam mengandung 100 mcg asam folat.
  • Brokoli
    Brokoli juga merupakan sayuran yang sering kita temukan, namun tahukah anda dalam 100 gram brokoli mengadung 70 mikrogram asam folat, memang jumlahnya tak begitu banyak tapi cukup lumayan sebagai sumber alternatif.
  • Kubis atau Kol
    Kandungan asam folat dalam kubis atau kol lebih tinggi dibandig brokoli, yakni dalam setiap 100 gram kubis mengandung 97 mikrogram asam folat.
  • Pisang
    Pisang merupakan sumber dari banyak vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat. Asam folat ditemukan secara alami dalam buah pisang ini yang dikenal sebagai folat. Pisang memang bukan sumber asam folat yang utama, tetapi dianggap sebagai sumber yang baik. Satu pisang ukuran sedang mengandung 24 mcg asam folat, atau 6 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Mengkonsumsi lebih dari satu pisang setiap hari akan menyediakan sumber asam folat yang signifikan. Selain itu, pisang merupakan sumber vitamin B, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, mineral penting kalium dan lainnya.
  • Alpukat
    Alpukat yang seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus, selain rasanya yang enak ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung asam folat sebanyak 90 mcg percangkirnya. Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, dan merupakan sumber vitamin K dan asam lemak.
  • Jeruk
    Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, namun banyak yang belum tahu bahwa buah jeruk juga mengandung asam folat yang tinggi, yakni 1 buah jeruk ukuran sedang mengandung 50 mcg asam folat. Tingal sesuaikan saja dengan kebutuhan untuk menentukan berapa buah sebaiknya yang anda konsumsi.
  • Pepaya
    Buah pepaya biasanya terkenal dengan kandungan serat yang tinggi, sehingga seringkali dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar terutama bagi mereka yang mengalami sembelit. Namun tahukah anda bahwa buah pepaya ini juga merupakan sumber Asam folat, pada satu buah pepaya ukuran sedang mengandung 115 mcg asam folat.
  • Kentang
    Kentang ukuran sedang mengandung 30 mcg asam folat. Anda bisa memakannya sesuai dengan selera, bisa direbus, digoreng, atau dimasak sebagai sayur.

Selain menambah asupan asam folat, untuk menjaga agar kandungan tetap kuat, mulailah melakukan olahraga ibu hamil atau latihan kecil saat awal-awal minggu kehamilan seperti ini ya.

Diskusikan dengan dokter kandungan juga ya olahraga apa yang cocok dan seberapa banyak asam folat yang perlu dikonsumsi, karena setiap calon ibu bisa saja berbeda kebutuhannya.

Posted by: Obat Penurun Trigliserida >> Obat Penurun Trigliserida Alami