Perlu Diketahui Gejala Hipertensi Paru Mirip Penyakit Jantung

Perlu Diketahui Gejala Hipertensi Paru Mirip Penyakit Jantung,- Mungkin tak banyak yang tahu apa itu hipertensi pulmonal (pulmonary hypertension)atau hipertensi paru. Pakar Hipertensi Paru yang juga  Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Bambang Budi Siswanto mengatakan hipertensi paru merupakan suatu keadaan dimana terjadi peninggian tekanan di pembuluh darah paru, baik di arteri maupun vena paru.

Penyebab hipertensi paru sangat beragam. Namun, menurut Bambang, terdapat 5¬† klasifikasi klinis hipertensi paru dan terbagi lagi atas berbagai sebab. “Antara lain penyakit jantung bawaan, penyakit jantung kiri, penyakit jantung paru, penggumpalan darah di pembuluh paru, penyakit jaringan ikat, lupus dan sebagainya, masih banyak lagi.

Penyakit hipertensi paru dianggap langka karena cara mendiagnosanya sulit dan keluhannya tidak khas, mirip dengan keluhan penyakit paru atau penyakit jantung. “Diperlukan pemeriksaan yang lebih lengkap agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Namun dalam stadium lanjut pasien mungkin tetap akan mengalami sesak napas terus dan hipertensinya menetap tidak mau turun bahkan progresif, sehingga akhirnya terjadi gagal jantung kanan.

Gejala umum orang yang menderita hipertensi paru seperti mengalami susah bernapas, cepat lelah, pusing (perasaan ingin pingsan), jantung berdebar, rasa begah pada perut kanan, tekanan atau rasa sakit di area dada dan kaki menjadi bengkak.

Hipertensi paru merupakan penyakit kronis yang memerlukan perubahan atau penyesuaian gaya hidup dari pasien dan pengobatan sesegera mungkin setelah diagnosa, karena bila tidak maka bisa menyebabkan gagal jantung kanan.

Posted by : obatpenuruntrigliserida.idkes.com